Wednesday, December 12, 2012

PURWOGONDO



PURWOGONDO
Purwogondo adalah kota kecil di daerah kabupaten jepara nama lengkapnya adalah Purwogondo Kalinyamatan Jepara , dan purwogondo sangat identik dengan ratu utara atau  yang sering di ucapkan adalah ratu jepara yaitu RATU KALINYAMAT. Melihat dari sisi sejarah ada suatu versi cerita singkat menyatakan Sultan Hadirin (Sayyid Abdurrahman Ar Rumi) berperang melawan Aryo Penangsang dan terluka. Kemudian Sang isteri Nyai Ratu Kalinyamat (Retno Kencono) membawanya pulang ke Jepara dengan dikawal prajurit dan dayang-dayang. Banyak desa di sepanjang jalan yang dilewati rombongan diberi nama peristiwa menjelang wafatnta Sultan Hadirin. Salah satu contohnya adalah saat rombongan melewati suatu desa, mendadak tercium bau harum semerbak (gondo) dari jasad Sultan, maka desa tersebut sekarang kita kenal dengan nama Purwogondo.
  Purwogondo juga sebagai pusat kota tongkrongan bagi kaum muda sampai usia lanjut, karena melihat strategis tempat yang sangat strategis dari segi geografisnya adalah terletak di tengah-tengah kota yang sangat terkenal yaitu kota Jepara dan Kota Kudus. Di jepara sebagai pusat meubel dan ukir dunia mampu mengembangkan kota pariwisatanya, mulai dari kuliner sampai obyek wisata dan hingga saat ini yang sangat terkenal adalah wisata religi di mantingan. Untuk sampai menuju kota jepara tentu saja perlu untuk melewati kota kecil yang bernama purwogondo. Kenapa? Karena ketika seseorang bermula dari kota-kota besar seperti semarang dan Surabaya , purwogondolah sebagai tempat persinggahan sebelum memasuki jepara. Purwogondo kini mulai dikembangkan menjadi kota kreatif dan desain karena sarana dan prasarana di daerah purwogondo sangat memadahi di samping sebagai pusat koveksi di daerah jepara purwogondo juga sebagai pusat kerajinan, kerajinan itu mulai dari kayu, rotan sampai logam dan monel.
Kemudian Purwogondo juga sebagai pusat kuliner sekabupaten jepara, semua suguhan makanan serta minuman khas jepara terhidang di daerah purwogondo seperti pecel. Horog-horog janganan, nasi puli, es gondo, es gempol , dll. Juga di daerah purwogondo kini mulai gencar-gencarnya pesta adat yang sangat terkenal adalah pesta baratan. Pesta baratan adalah suatu ritual yang di lakukan masyarakat purwogondo di setiap malam nisfu sya’ban di dalam ritual itu semua lapisan masyarakat setelah melakukan kegiatan sholat magrib mereka tidak beranjak bangun melainkan mereka membaca assurat yasin 3x kemudian diikuti doa kepada tuhan yang maha esa. Biasanya dalam ritual itu juga ada yang namanya arak-arakan ratu kalinyamat yang berkeliling  kota purwogondo, masyarakatpun tidak ingin kehilangan moment-moment besar seperti itu sehingga banyak masyarakat berjualan kebutuhan untuk pesta baratan seperti lampion dari ukuran kecil sampai besar, serta masyarakat yang mengikuti ritual seperti itu juga biasanya membuat makanan khas purwogondo yang namanya PULI. Puli yang asalnya dari bahasa arab fulli yang artinya permintaan maaf. Serta pesta-pesta adat lain seperti pargelaran wayang kulit yang biasanya pentas di depan MTs Darul Ulum. Kemudian yang terakhir adalah wahana rekreasi keluarga dengan nama water boom tiara park yang di pelopori oleh Mita furniture kota purwogondo. Waterboom ini terletak di sebelah selatan alun-alun kenari purwogondo.

8 comments:

  1. Replies
    1. monggo .. ini menjawab pertanyaan anda kenapa kota purwogondo

      http://roizjepara.blogspot.com/2015/03/keraton-kalinyamat.html?showComment=1427471469595#c5279732438638761503

      Delete
  2. oh iya.... saya juga pernah denger kalau yang dulu desa purwogondo di kenal kota purwogondo

    ReplyDelete
  3. Jepara Ku memliki berbagai macam kenangan serta pelajaran terindah serta penuh motivasi, diantaranya adalah Ara-arakkan, sangat perlu dilestarikan sampai kapanpun,,Demi mengenang serta menauladani Sejarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo yang pengen tau sejarah Kalinyamatan
      http://roizjepara.blogspot.com/2015/03/keraton-kalinyamat.html?showComment=1427471469595#c5279732438638761503

      Delete
  4. indahnya kota ini :D

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete